Rabu, 19 Oktober 2011

CV, Kunci Utama Panggilan Kerja

foto: hercampus.com
foto: hercampus.com


JAKARTA - Jika waktu magangmu akan usai dalam waktu dekat, pastinya kamu tengah mempersiapkan dokumen administrasi di kantor, mungkin kamu juga sedang mempersiapkan beragam nota bertulisakan "Terima Kasih" yang akan kamu tempel di layar komputer kolegamu.

Lantas apa yang akan kamu lakukan ketika magang dan segala urusan bersertanya usai? Wajar jika kamu kembali ke rutinitas untuk menyelesaikan kuliah.

Nah, selagi masih segar dalam ingatanmu, baiknya kamu langsung menuliskan kembali pengalaman magangmu kedalam Curriculum Vitae (CV). Soalnya pengalaman magang itu penting banget.

Mau tahu bagaimana cara menuliskan pengalaman magang yang berpengaruh pada pekerjaanmu mendatang? Simak ulasan yang dilansir Her Campus, Minggu (16/10/2011).

1. Informasikan Posisi, Nama Perusahaan, dan Waktu Magang.
Tuliskan posisi, nama perusahaan, lokasi magang dan rentang waktu magangmu terlebih dahulu. Contohnya: Asisten Editor, Koran X, Jakarta (Januari 2011 - May 2011).

2. Informasikan Perusahaan.
Berikan kilasan mengenai perusahaan atau organisasi secara umum saja, hindari menginformasikan secara berlebihan sehingga menghabiskan halaman CV-mu. Misalnya seperti: "Saya magang di Majalah X, sebuah majalah internal yang menggunakan penerbitan pribadi yang berfokus pada pemberitaan gaya hidup dan kesehatan.

3. Deskripsikan Tugasmu.
Deskripsikan secara umum tugas yang kamu kerjakan, ingat, jangan berlebihan, cukup tulis yang penting sebab pegawai HRD enggak hanya mengurusi CV-mu saja. Kamu bisa menuliskan seperti ini: "Admin Media Sosial: menyiapkan materi untuk di terbitkan, memantau tren dan isu yang tengah hangat, menjaga citra perusahaan melalui media sosial, atau merespons umpan balik publik.

4. Tulis Pencapaianmu.
Jika kamu memang memiliki prestasi sewaktu magang, tidak ada salahnya kamu menuliskan di CV-mu, dengan catatan kamu harus jujur dan data yang kamu masukkan bisa di cek ulang ke perusahaan tempat magangmu dulu. Misalnya kamu magang sebagai account executive: Meningkatkan keuntungan perusahaan sebanyak 25 persen, atau memenuhi target revenue 20 persen sebelum tenggat waktu.

5. Cek Ulang.
Sudah selesai menuliskan CV yang baru saja kamu up grade? Pastikan kamu mengeceknya tiga hingga lima kali. Jika sudah dipastikan, konsultasikan CV-mu dengan konsultan karier di kampusmu (jika ada).(rhs)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites