Rabu, 19 Oktober 2011

Air Cucian Beras Bisa Suburkan Tanaman


Ilustrasi : ist.
Ilustrasi : ist.
JAKARTA - Siapa sangka air cucian beras yang biasa dibuang begitu saja, ternyata memiliki manfaat yang besar bagi tumbuhan? Melalui penelitian yang dilakukan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Yayu Siti Nurhasanah, ditemukan bahwa kandungan dalam air cucian beras berguna sebagai penyubur tanaman.

Mahasiswa Fakultas Pertanian IPB ini mengungkapkan, air cucian beras merupakan media alternatif pembawa bakteriPseudomonas fluorescens. Bakteri tersebut adalah mikroba yang berperan dalam pengendalian petogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman.

"Air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang melimpah di antaranya karbohidrat berupa pati sebesar 85-90 persen, protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula, dan vitamin yang tinggi," ujar Yayu.

Percepatan pertumbuhan bakteri P. fluorescens pada formula air cucian beras dapat ditambahkan ekstrak tempe dan gula.

Untuk membuktikan penemuannya, Yayu melakukan pengujian terhadap sejumlah bibit tanaman krisan yang ditanam pada media tanah steril. Secara intensif salah satu bibit tersebut diberikan formulasi air cucian beras, sementara yang lainnya tidak. Setelah diamati dalam jangka waktu tertentu, ternyata tanaman yang diberikan formulasi air cucian beras memiliki pertumbuhan tanaman yang signifikan.

Namun Yayu menyebutkan, pertumbuhan pada tanaman tergantung pada intensitas penyemprotan formula. "Pertumbuhan tiap tanaman berbeda, tergantung pada intensitas penyemprotan formulasi air cucian beras tersebut," jelasnya.(rhs)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites