Sabtu, 15 Oktober 2011

apt-get : No Pubkey / GPG error

Suatu hari saya coba salah satu repo lokal, saya edit /etc/apt/sources.list

saya tambahkan keterangan seperti ini :
deb http://kambing.ui.ac.id/debian stable main contrib non-free

setelah saya save, kemudian aptitude saya update..
apt-get update

Tapi saya mendapati pesan error, yaitu :
W: GPG error: http://kambing.ui.ac.id testing Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 010908312D230C5F W: There is no public key available for the following key IDs: 010908312D230C5F

kemudian saya browsing untuk dapat memecahkan masalah itu. Ternyata itu adalah sistem dari apt-get untuk menjamin keaslian server untuk memperbarui debian. Dan inilah solusinya :

cukup ketikkan perintah berikut, dan lihat kode yang ditampilkan dalam pesan error
gpg --keyserver pgpkeys.mit.edu --recv-key 010908312D230C5F
gpg -a --export 010908312D230C5F | sudo apt-key add -

dan jika Pubkey-nya ada dua, maka lakukan hal yang sama..
semoga membantu.

sumber : en.kioskea.net

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites