Selasa, 15 Mei 2012

Unsera Mulai Dibangun

SERANG -- 15/10: Menko Kesra Agung Laksono, Sabtu (15/1)) melakukan kunjungan kerja ke Privinsi baten. Dalam kunjungan ini Menko Kesra antara lain meletakkan batu pertama pembangunan kampus Universitas Serang Raya (Unsera) yang berlokasi di Jalan Tol Barat, Serang. Di bawah ini sambutan lengkap Menko Kesra.

SAMBUTAN

MENTERI KOORDINATOR BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT

pada

PELETAKAN BATU PERTAMA KAMPUS TERPADU

UNIVERSITAS SERANG RAYA


Serang, 15 Oktober 2011

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Saudara Ketua Yayasan Pendidikan Informatika, yang saya hormati,

Rektor Universitas Serang Raya yang saya hormati,


Seluruh sivitas akademika Universitas Serang Raya yang saya hormati dan seluruh hadirin yang berbahagia,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah-Nya yang tak terhingga khususnya pada hari ini karena atas izin-Nya kita dapat hadir di tempat ini untuk suatu peristiwa bersejarah, yaitu: “Peletakan Batu Pertama Kampus Terpadu Universitas Serang Raya”.

Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh jajaran Yayasan Pendidikan Informatika Serang dan semua pihak yang sudah berupaya merencanakan pengembangan fasilitas pendukung pendidikan yang lebih representatif, lebih lengkap dan terpadu di Universitas Serang Raya, dengan letaknya yang strategis di Jalan Raya Serang-Cilegon, dalam rangka ikut mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945 dan UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Selanjutnya saya berharap, melalui pembangunan kampus terpadu ini seluruh sivitas akademika Universitas Serang Raya secara simultan dan bersama-sama agar dapat meningkatkan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi: 
  • Pendidikan dan pengajaran 
  • Penelitian dan pengembangan, serta 
  • Pengabdian pada masyarakat
Fungsi pendidikan dan pengajaran agar dapat dilaksanakan secara baik dan berkualitas dalam rangka meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) secara terus menerus yang telah menjadi budaya di setiap perguruan tinggi.

Bapak, ibu, hadirin yang berbahagia,

Penelitian dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan terhambat. Penelitian tidaklah berdiri sendiri, akan tetapi harus dilihat keterkaitannya dengan pembangunan dalam arti luas. Artinya, penelitian tidak semata-mata berkaitan dengan hal yang diperlukan secara langsung oleh masyarakat pada saat sekarang saja, akan tetapi harus dilihat dengan proyeksi kemasa depan. Dengan kata lain, penelitian di perguruan tinggi tidak hanya diarahkan untuk penelitian terapan saja, tetapi juga sekaligus melaksanakan penelitian ilmu-ilmu dasar yang manfaatnya baru terasa penting artinya jauh dimasa yang akan datang.


Dharma pengabdian pada masyarakat harus diartikan dalam rangka ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagai hasil dari berbagai penelitian. Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas inisiatif individu atau kelompok anggota sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat nonprofit (tidak mencari keuntungan). Dengan aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.

Bapak, Ibu, segenap sivitas akademika Unsera yang saya hormati,

Telah kita ketahui bersama bahwa berbagai jenis yayasan seperti Yayasan Pendidikan telah hadir di Indonesia yang kita cintai ini. Kita sadari bahwa eksistensi dan kiprah dalam mengelola lembaga pendidikan banyak mengalami tantangan sesuai dengan dinamika yang berkembang. Menurut hemat saya, keberadaan berbagai jenis yayasan pendidikan di negeri kita ini sangat strategis untuk terus berperan aktif sesuai dengan tujuan didirikannya yayasan tersebut. Sebagaiagent of community empowerment, yayasan merupakan mitra Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dalam hal pemberdayaan masyarakat. Karena itu idealnya berbagai yayasan yang ada dapat bekerja sama, berkolaborasi untuk meningkatkan perannya dalam rangka mewujudkan kemandirian dan memajukan negara dengan mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan didirikannya yayasan, antara lain berpartisipasi aktif dalam memajukan negara, mewujudkan kemandirian, dan meningkatkan kesejahteraan bangsa, maka diperlukan sikap kebersamaan, keterpaduan, bahu-membahu, serta kesetiakawanan yang tinggi. Saya berharap cita-cita luhur untuk mendirikan kampus terpadu Universitas Serang Raya, dapat direalisasikan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Hadirin yang berbahagia,
Pembangunan kampus terpadu ini diharapkan dapat memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Disamping itu, dengan adanya kampus terpadu ini diharapkan proses belajar mengajar akan lebih kondusif karena seluruh kegiatan akademik disentralkan dalam satu kampus dan semua kebutuhan sudah tersedia di lokasi tersebut.

Seiring dengan perkembangan kemajuan Provinsi Banten, yang telah memasuki usia 11 (sebelas) tahun. Maka dengan dibangunnya kampus baru Universitas Serang Raya ini, akan turut andil mempercepat kemajuan sector pendidikan di Provinsi Banten. Karena dengan pembangunan kampus yang berbasis teknologi informatika di Indonesia masih sangat dibutuhkan, khususnya di Provinsi Banten. Dengan ini, kami juga berharap kepada pengelola Yayasan Pendidikan Informatika dan para pimpinan Universitas Serang Raya agar dapat mengelola Yayasan dan lembaga secara transparan dan akuntabel sehingga dapat menciptakan academic atmosphere yang kondusif. Karena pengelolaan lembaga pendidikan secara transparan dan akuntabel akan dapat berkontribusi dan menciptakan sistem pemerintahan yang bersih (good governance). Dengan pembangunan gedung baru ini, diharapkan dapat menumbuhkan energy baru kepada seluruh pimpinan Universitas Serang Raya, agar terus meningkatkan pengelolaannya sehingga dapat menghantarkan seluruh Program Studi yang ada di dalamnya untuk segera dapat terakreditasi dengan predikat sangat baik, sehingga lembaga yang bersangkutan dapat mengikuti kompetisi-kompetisi hibah bersaing dan diharapkan universitas yang bersangkutan dapat mengembangkan lembaganya secara lebih mandiri.

Bapak, Ibu, Saudara hadirin yang saya hormati,

Sebagai penutup, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya terhadap terselenggaranya acara kita hari ini. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita dalam mempercepat pembangunan kampus terpadu Universitas Serang Raya ini. Sekali lagi selamat, dan terima kasih atas perhatian saudara sekalian, dan akhir kata saya ucapkan:

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat,

                                                                                                  H.R. Agung Laksono

Sumberhttp://www.menkokesra.go.id/content/unsera-mulai-dibangun-0

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites