Senin, 11 Juni 2012

Tips menjadi Wirausaha Mahasiswa yang Mandiri


Berikur ini adalah tips untuk menjadi wirusaha mahasiswa menurut Hary Tanoesoedibyo yang adalah Pemilik grup Media Nusantara Citra (MNC Group) dengan detail yang diperkaya oleh redaksi sekolah kampus :

1. Berpikir besar (think big).
Jika kita ingin sukses wirausaha tentunya kita harus memilih bidang yang akan kita kembangkan. Untuk itu berpikir besar akan membantu kita untuk punya motivasi yang lebih baik. Contohnya: jika kita ingin jual bakso, jangan berhenti bahwa mimpi kita berhenti hanya berhasil membuat sebuah rumah makan bakso. Anda dapat memikirkna bahwa anda bisa menjual bakso secara regional dengan konsep franchise.

2. Fokus pada kualitas.
Tahap selanjutnya adalah jika anda telah memulai, fokuslah kepada kualitas. Jika anda membuka sebuah usaha bakso maka lebih fokus kepada kualitas seperti cita rasa, pelayanan, kualitas tempat, dan sebagainya. Sebaiknya jangan fokus ke arah yang lain seperti mengejar kuantitas tetapi tidak memperhatikan kualitas. Hal-hal ini hanya bisa membantu sukses tetapi sesaat saja. Jika kita terus setia pada kualitas maka usaha kita cenderung akan bertahan lama.

3. Speed (cepat)
Jika anda punya ide baru atau inovasi baru, segera realisasikan. Jangan menunggu atau menunda karena akan ada banyak orang yang akan mendahului anda. Jika anda bergerak dengan cepat, melangkah dengan sigap maka produk anda akan dikenali sebagai yang pertama. Tetapi jika anda sebagai follower (meniru ide yang sudah ada), anda juga tetap harus bergerak cepat agar anda selalu tetap masuk dalam persaingan. Siapkan segala sesuatunya dari awal dengan baik dan harus dengan cepat. Jangan tinggalkan mimpi anda hanya menjadi mimpi tetapi harus dengan tindakan yang nyata dan pergerakan yang cepat.

4. Mampu mengambil momentum yang tepat
Bagian yang terpenting juga adalah mengambil momentum yang tepat. Kapan anda harus melaunching ide atau konsep anda harus di waktu yang tepat. Selain waktu yang tepat anda harus melakukan dalam momentum atau kondisi yang tepat sehingga dapat mendorong pertumbuhan usaha anda dengan baik. Jika momentum yang diambil kurang tepat maka dapat berakibat pada pertumbuhan yang kurang baik.

Itu adalah beberapa tips untuk menjadi wirausaha muda. Pada praktiknya memang anda sendiri yang akan menemukan tips yang paling tepat dan menjadi kunci bagi keberhasilan anda sendiri. Wirausaha tidak hanya cukup dengan hard work saja tetapi juga harus smart thinking, smart move dan smart decision. Selamat memulai menjadi wirausaha muda yang mandiri.

Foto : Anak Muda Pendiri Kaskus

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites