Senin, 11 Juni 2012

Tips Belajar yang baik

Belajar merupakan bagian kegiatan yang harus dan seharusnya dilakukan oleh siswa dan mahasiswa. Sayangnya pada saat ini, animo siswa untuk belajar saat ini dirasa masih sangat kurang. Berikut ini terdapat beberapa tips yang disarikan dari berbagai sumber :

1. Konsep dasar belajar adalah untuk memahami dan bukan sekedar menghapal
Fungsi utama belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran. Akan tetapi, menghafal juga dapat dipergunakan sebagai langkah awal untuk memahami. Tetapi intinya bukan pada menghafalnya, akan tetapi lebih untuk memahami.

2. Ambil beberapa kata-kata kunci
Terkadang kita frustasi karena harus menghafal atau memhami materi pelajaran yang lumayan banyak. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hafalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya.

3. Gunakan alat bantu interaktif
Saat ini terkadang kita lebih suka berada di depan komputer dibandingkan harus membaca buku. Hal ini dapat disiasati dengan mencari bahan dari internet atau e-learning online. Saat ini telah banyak materi-materi yang tersedia secara online dan dilihat secara interaktif menggunakan video. Penggunaan video ini tentunya akan lebih mudah kita serap jika kita merasa lebih susah membaca buku.

4. Time management yang tepat
Belajar bukanlah sebuah kerja keras yang harus memakan banyak waktu. Ibarat kita makan tidak mungkin kita akan menghabiskan makanan yang banyak dalam waktu singkat. Kita perlu membagi-bagi dalam waktu yang lebih terpola. Luangkan sedikit waktu tetapi dengan pola yang teratur agar materi dapat masuk secara pelan-pelan tetapi efektif.

5. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Tetapi perlu trik mensiasati agar ketika belajar bersama tidak menjadi ajang untuk "rumpi". Inti belajar bersama adalah saling berbagi. Ibarat jika kita belajar main sepakbola sendiri memang bisa tetapi jika berlatih bersama-sama akan menghasilkan semangat dan cara yang berbeda.

6. Keseimbangan
Belajar boleh rajin, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites