Jumat, 12 Oktober 2012

Karakteristik Nama Domain yang Bagus

Dalam memilih domain, sebaiknya jangan asal pilih saja. Pertimbangkan dengan matang-matang sebelum membeli domain terutama nama domain. Nama domain adalah aset yang berharga. Sampai-sampai ada usaha jual-beli domain. Awalnya kita membeli puluhan ribu, bisa saja dijual hingga puluhan juta karena keunikannya.




Nama domain dapat menjadi penentu kesuksesan sebuah website/blog. Apalagi jika namanya bagus. Namun, apa saja kriteria bagus tersebut? Berikut adalah 4 karakteristik domain yang bagus.


1. Pendek
Usahakan nama domain sekitar 10 karakter dan tidak lebih dari 20 karakter. Karena nama domain yang unik sekarang ini sangat sulit, kita harus pintar-pintar membuatnya. Atau menggunakan nama sendiri juga boleh. piano.com misalnya. Jika sudah ada yang memiliki, bisa ditambahkan thepiano.com. Kurang dari 10 karakter kan?


2. Mudah diingat
Perhatikan nama piano.com dan thepiano.com tadi. Keduanya nama domain tersebut mudah diingat oleh kita. Jika mudah diingat, tidak menutup kemungkinan pengunjung yang sudah mengunjungi blog kita akan kembali lagi. Itu karena domain kita mudah untuk diingat dan mudah untuk dieja.


3. Memiliki ekstensi.com
Sebenarnya akhiran domain apa saja tidak menjadi masalah. Hanya, domain yang berakhiran .com lebih banyak digunakan oleh banyak orang dan lebih familiar di telinga orang. Asalkan dioptimalkan dengan baik, tidak menjadi masalah.


4. Tidak mengandung angka
Kenapa domain yang mengandung angka itu kurang baik? Karena pengunjung akan menjadi bingung. Misalnya situs yang bernama piano5.com. Dalam penyebutan, otomatis kita menyebutnya pianolima. Nah orang jadi berfikir bahwa situs kita bernama pianolima.com. Padahal piano5. Tapi karena 4shared sudah akrab di telinga orang, jadi situs ini tetap ramai dikunjungi banyak orang.



Gambarnya diambil dari www.wpsite.net

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites