Kamis, 27 September 2012

Pengertian Website dan Cara Kerjanya

Pengertian Website secara sederhana dan memahami cara kerja website.




Sebelum belajar cara membuat blog, Kita perlu juga memahami pengertian website dan bagaimana cara kerjanya. Hal ini untuk memudahkan juga dalam proses belajar. Seperti jika kita mau belajar merangkai komputer, akan lebih baik jika kita juga paham bagaimana cara kerja komputer, betul?



Website ada 2 macam dilihat dari fungsi dan kemampuannya berinteraksi dengan pengunjung web. Yaitu website statis, dan website dinamis. Namun di artikel ini kita akan bahas tentang pengertian website saja. 

KEMBALI KE LAPTOP, SECARA SEDERHANANYA SAJA, PENGERTIAN WEBSITE ADALAH KUMPULAN FILE-FILE DALAM SEBUAH FOLDER YANG BERISI BAHASA PEMROGRAMAN (HTML, PHP, CSS, DLL), FILE-FILE GAMBAR, YANG TERSIMPAN DALAM FOLDER-FOLDER, YANG SALING BERKAITAN SATU SAMA LAIN DAN TERTAMPILKAN DALAM BENTUK HALAMAN-HALAMAN. FILE FILE TERSEBUT TERSIMPAN PADA SERVER ONLINE (HOSTING), DAN MEMPUNYAI ALAMAT SPESIFIK (DOMAIN) YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGAKSESNYA MELALUI BROWSER.


Kita belum begitu perlu untuk mempelajari HTML, CSS, PHP, dll, karena saat ini membuat website sangat mudah. Kita bisa membuat website gratis menggunakan mesin blog seperti blogspot atau wordpress. Yang paling mudah, lengkap dan paling banyak digunakan adalah wordpress. Ngeblog menggunakan wordpress sangat mudah. Semua menu di halaman admin wordpress mudah dipahami dan sangat mudah dioperasikan bahkan untuk pemula sekalipun.


Lalu bagaimana cara kerja website sehingga bisa ditampilkan di browser? Ngga perlu susah-susah mikir dengan istilah-istilah yang belum kita ngerti, intinya seperti telah disinggung di atas, bisa juga diuraikan seperti ini : 
Kumpulan file dan folder – Website adalah kumpulan file-file yang mengandung bahasa pemrograman, image, dan folder-folder. 
Tersimpan/di upload di server online (hosting) – Kumpulan file-file tersebut di-uplaod/diunggah pada hosting/online server, dan telah mempunyai alamat khusus yang disebut domain. Contoh : www.cara-membuat-blog.info. Untuk lebih jelasnya tentang domain Silahkan baca artikel Pengertian Domain. 
Diakses melalui browser – Kumpulan file-file yang saling berkaitan dan mempunyai alamat khusus/domain tadi bisa dibaca oleh browser sehingga tampil di layar komputer dengan bantuan koneksi internet. 


Berarti untuk membuat sebuah website, kita membutuhkan domain (dot com, dot net, dot org, dll). Dan kita juga harus mempunyai hosting tempat menyimpan file-file website. Kita bisa membeli domain dengan harga sekitar 100rb-an, dan menyewa hosting. Biaya sewa hosting bervariasi sesuai kapasitas, quota bandwith per bulan, dan spesifikasi lainnya. Jika anda ingin domain dan hosting yang murah berkualitas bisa cek di cbwebspace. (Disitu kita bisa sewa hosting per 3 bulan, sangat hemat.)
Nah simple aja kan, itu sudah cukup untuk mengetahui pengertian website dan bagaimana cara kerja website.


Memang untuk membuat website (Blog) akan lebih baik jika kita mengeluarkan sedikit uang untuk membeli domain dan menyewa hosting. Karena mau tidak mau sesuatu yang berbayar dengan yang gratis jelas berbeda dari sisi kualitas, fasilitas, keamanan dan tingkat resikonya. Namun semua kembali ke skala kebutuhan kita dan apa tujuan kita membuat website atau blog.

Jika anda ingin belajar dulu cara membuat blog tanpa mengeluarkan uang, bisa mencoba wordpress versi gratisnya dulu. 

Bisa juga mencoba blogetik, layanan blog lokal berbasis wordpress. Silahkan baca artikelnya : Cara membuat blog gratis di blogdetik.

Untuk melihat dan mengakses semua artikel penting di blog ini anda bisa menuju ke halaman Panduan belajar cara membuat blog.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites