Rabu, 28 Desember 2011

Facebook Jadikan Anda Model Iklan Dadakan

TEMPO.CO , California - Jangan kaget jika wajah Anda tampil di sebuah iklan produk tertentu tanpa izin terlebih dahulu. Jika Anda memiliki akun Facebook, bisa jadi situs jejaring sosial itu telah "menjual" gambar Anda tadi ke perusahaan sponsor.
Mulai tahun depan, Facebook meluncurkan layanan yang diberi nama sponsored stories di menu news feed. Ketika pesan sponsor itu tampil di layar dan Anda mengklik like di situ, maka foto profil Anda akan tampil di halaman utama news feed dan tersebar ke seluruh teman-teman Anda di Facebook.
Facebook menyatakan langkah ini dilakukan untuk menggenjot pendapatan perusahaan. Pasalnya, rencananya mulai tahun 2012 Facebook akan melakukan pengembangan besar-besaran yang akan menguras dana sampai US$ 1 miliar.
Pada saat pengguna mengklik like, maka perusahan pengiklan seperti mendapat izin masuk dan membuka ruang bagi mereka untuk menawarkan produk atau jasanya.
Sepertinya Facebook harus ekstra hati-hati dengan layanan baru tersebut. Karena tak semua orang yang mengklik like setuju jika foto profil mereka terpampang di iklan produk tertentu.
Baru-baru ini sejumlah anggota Facebook di Amerika Serikat mengajukan gugatan mengenai fitur like yang diartikan seperti mengizinkan sponsor menggunakan data pribadi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites